Sosial Media Termasuk Penyebab Insomnia

Susah tidur atau biasa disebut insomnia bukan sebuah penyakit bawaan melainkan berawal dari sebuah kebiasaan yang akhirnya menjadi awal penyebab insomniaPrivate Number, Fasilitas Kejahatan Dari Operator Selular. Read more ... » itu sendiri. Sosial mediaPenyebab Hubungan Tanpa Status (HTS). Read more ... » adalah satu penyebabnya.

Sebelum menyimak terlalu jauh maksud dari tulisan aku kali ini, ada baiknya kalau kita mengenal terlebih dahulu apa itu insomnia. Menurut wikipedia insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Di wiki juga ditambahkan bahwa insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Nah, tulisan yang berwarna akan menjadi kata kunci dalam tulisan kali ini.

Sering kita mendengar kalimat “insomnia itu penyakit”, Apakah insomnia itu benar-benar sebuah penyakit? Apa penyebab terjadinya insomnia? Begadang, yah benar begadang lah yang menyebabkan insomnia itu diderita seseorang. Lalu, apa penyebab orang-orang untuk begadang? Menurutku begadang itu berawal karena faktor kebiasaan. Bukan cuma faktor penyebab aja, tapi juga faktor akibat. Seperti pelajaran Bahasa Indonesia ada faktor sebab akibat.

Kalau kita ingat lagi lagu H. Rhoma Irama yang berjudul Begadang, dilirik lagu itu tertulis “Begadang jangan begadang itu tiada artinya, begadang boleh saja asal ada perlunya”. Coba deh pahami lirik lagu itu, disitu disebutkan “begadang boleh saja asal ada perlunya” Nah, menurut teman-teman pembaca sekalian, adakah begadang yang dilakukan tanpa ada keperluan? Nonton tv itu keperluan untuk mendapat hiburan, online juga keperluan untuk sekedar bersosialisasi dan menggalau dimalam hari, kerjain tugas juga keperluan. Apa ada orang yang begadang cuma melongok liatin cicak kawin?

Sosial Media Penyebab Insomnia

Kurang Tidur

Sosial media penyebab insomnia

Faktor utama kenapa orang-orang bisa menderita insomnia adalah karena kebiasaan. Kebiasaan (kegiatan yang dilakukan berulanng) melakukan begadang lah yang menjadi tersangka utama dalam penyakit ini. Sebenarnya begadang itu juga terjadi karena faktor-faktor kebiasaan, misalnya kebiasaan meminum kopi dimalam hari, kebiasaan menonton tv sampai larut malam, dan yang paling parah adalah kebiasaan nongkrong di dunia maya sampai lupa waktu. Twitter, Facebook, dan bahkan Blog dapat menyebabkan orang-orang betah untuk tidak tidur sampai larut, bahkan sampai pagi. Benar kalau sosial media penyebab insomnia *berbau curhat colongan nih* aku sendiri sebenarnya belum bisa lepas seutuhnya dari hal ini, tapi aku sedang menyicil untuk meninggalkannya.

Kalau di atas tadi adalah faktor kebiasaan yang menyebabkan orang untuk begadang, sekarang beberapa faktor yang disebabkan karena begadang. Yang paling rentan dialami para begadang mania atau insomers adalah kebiasaan bangun kesiangan, kebiasaan terlambat masuk sekolah, kuliah dan masuk kerja, kebiasaan mengantuk saat melakukan aktivitas pagi hari yang menyebabkan turunnya produktifitas belajar atau bekerja.

Kehidupan yang semakin modern, peralatan super canggih bisa dimiliki setiap orang untuk membantu kehidupannya sehari-hari. Tak terhitung ada berapa banyak jumlah alat-alat canggih didunia ini, mulai dari yang besar sampai yang berukuran micro. Kecanggihan peralatan-peralatan tersebut selain sangat membantu kehidupan manusia, peralatan-peralatan canggih tersebut juga tak lepas dari penyebab kebiasaan buruk manusia. Gunakanlah alat-alat teknologi yang kita miliki sesuai kebutuhan kita. Ingat “manusia adalah subjek dan objek IPTEK”, manusialah yang yang menciptakan teknologi super canggih dan manusia jugalah yang menjadi korban dari kecanggihan itu.
Ingin lepas dari begadang? MATIKAN SEMUA GADGET DISAAT WAKTU UNTUK TIDUR. Hindari penyebab insomnia sebelum insomnia itu menyerang.

Seberapa besar sosial media dapat menyebabkan insomnia bagi kamu?