Fenomena Tahun Baru

Sebelumnya aku ucapkan selamat tahun baru 2012 untuk teman-teman pembaca sekalian semoga tahun ini menjadi lebih baik.

Perayaan pesta tahun baru menurut aku merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan, karena dimanapun orang-orang pasti melakukan perayaan pesta tahun baru. Baik di kota maupun di desa. Dan perayaan pesta tahun baru yang baru saja kita lewati penuh dengan suara terompet, suara ledakan kembang api yang bersahutan. Iya, suara-suara itu yang sudah mengganggu aku dimalam itu. Ada beberapa hal yang unik dan aneh yang terjadi menjelang dan saat tahun baru itu datang. Apa aja itu?

Tahun baru membawa rezeky

Menjelang tahun baru banyak sekali orang yang menjajakan terompet dagangannya dan aksesoris unik untuk digunakan pada malam pergantian tahun. Ini membawa berkah bagi mereka. Siapa yang tak tergiur dengan keuntungan yang bisa didapat dalam event musiman ini. Terlebih pada puncak perayaan tahun baru, ada banyak orang yang bisa mengais rezeky dengan berdagang seperti kembang api, makanan dan jajanan, sampai bando bertanduk lampu pun bisa menghasilkan uang.

Banyak orang yang membuat resolusi

Hal ini mungkin bukanlah sebuah keharusan saat menjelang pergantian tahun tiba, tapi sangat banyak orang yang melakukannya. Pertanyaannya, apakah resolusi yang kau susun itu sungguh dari hatimu atau hanya sekedar mengikuti orang-orang? Kalau kuperhatikan banyak sekali orang yang menyusun harapan#LastPosting 2011, Sudah Dapat Apa Aja?. Read more ... ยป-harapannya untuk tahun yang akan datang, dan semua pastilah untuk menjadi lebih baik. Aku akan sangat berbahagia jika ada orang yang berhasil mendapatkan apa yang ia harapkan. Atau alangkah meruginya jika harapan yang sudah disusun sedemikian rupa tidak ada yang dicapai. Namanya juga hidup, gak selamanya berjalan lancar. Benar, selama kau sudah berusaha untuk mencapai harapan-harapan itu. Lantas bagaimana dengan resolusi yang dibuat hanya karena mengikuti trend? Masa bodoh kalau semuanya tidak tercapai, toh itu bukan niat dari hati.

Kembang api dan musik

Tahun baru tak lengkap tanpa kembang api dan ini kayaknya merupakan sebuah keharusan. Suka atau tidak suka, tidak ada yang bisa melarang untuk tidak menyalakan kembang api di tengah pesta perayaan tahun baru. Banyak teman-temanku di twitter yang mengeluhkan suara kembang api ini karena sangat mengganggu mereka, begitu pun aku. Aku sangat terganggu dengan suara letusan kembang api malam itu, entah karena dikota Medan pusat perayaan malam tahun baru ini dirayakan tak jauh dari rumahku sehingga suaranya sangat berisik. Pesta tahun baru di Medan dilakukan di Taman Sri Deli atau lebih dikenal dengan Kolam Deli yang letaknya tepat di depan Mesjid Raya Medan dan itu berjarak hanya beberapa ratus meter dari rumahku. Bisa dibayangkan bagaimana suara gaduh itu. Entahlah, mungkin ini karena aku yang tak tahan dengan suara-suara yang bisa membuatku terkejut.

Selain kembang api, tahun baru juga diisi dengan acara musik. Bahkan kantor kelurahan yang ditempatku yang berjarak cuma beberapa langkah disulap menjadi arena musik untuk warga sekitar. Tidak masalah selama tidak ada pesta miras disitu, tapi nyata nya pesta miras tak luput dari bagian acara mereka dan itu dengan bebas disaksikan banyak anak.

Banyak yang ulang tahunUlang Tahun dan Segenap Acaranya. Read more ... ยป di facebookย 

Entah ya, ini cuma perasaanku saja atau memang ini juga terjadi di facebook kalian. Kulihat banyak sekali yang berulang tahun di tanggal 1 Januari ini. Apa itu benar ulang tahunnya atau hanya memanfaatkan moment biar lebih spesial? Atau karena malas mengisi data-data saat melakukan registrasi pembuatan akun di facebook?ย  Dan fenomena yang terakhir adalah:

Ajang melepaskan kesucian bersama

Bagian terakhir ini mungkin tidak selamanya benar. Aku hanya mengamati fenomena ini dikota ini. Mungkin karena ini adalah kota besar dan metropolitan sehingga hal itu dianggap wajar. Aku tidak tahu apakah dikota lain fenomena ini juga ada. Aku mengamati dan memang hal ini sudah berlangsung sejak lama, disetiap malam tahun baru banyak anak muda berpasangan jalan untuk menikmati malam pergantian tahun. Disinilah mereka memanfaatkan kesempatan untuk melakukan perbuatan itu. Sekali lagi kupertegas, hal ini bukanlah sebuah fenomena umum, ini hanya pengamatanku dikota ini.

tahun baru

Hidup ini pilihan, jadi sah-sah aja itu

Kalimat di atas adalah kalimat yang diucapkan temanku Adek.

Bagaimana perayaan tahun baru ditempat kalian? Dan apa hal unik yang ada disana? Sharing ya dengan berkomentar dikotak komentar.

SELAMAT TAHUN BARU 2012