Lagu Dewasa Bukan Untuk Anak-Anak

Sulitnya lagu anak saat ini untuk diperdengarkan kepada anak membuat anak-anakLapangan Sepak Bola Kian Langka, Kami Harus Main Dimana?. Read more ... ยป lebih banyak menyanyikan lagu-lagu orang dewasa yang tidak seharusnya mereka nyanyikan. Bagaimana menyikapi hilangnya lagu anak-anak ini?

Masih ingat dengan Trio Kwek-kwekย  atau Enno Lerian dan beberapa nama yang dulu sempat menyanyikan lagu-lagu bertemakan anak lainnya? Kurasa teman-teman masih ingat lah dengan nama-nama itu. Apakah kalian masih pernah mendengar atau ingat dengan lagu-lagu mereka? Aku berharapnya masih ingat, tapi apakah kita pernah mendengar anak-anak sekarang menyanyikan lagu-lagu mereka? Kurasa tidak karena kita yang lupa memperkenalkannya kepada mereka. Tulisan ini kutulis karena aku teringat saat sedang mengajarkan keponakanku yang berusia 2 tahun nyanyi lagu balonku dan cicak-cicak di dinding.

Lagu Anak

Johua Suherman (Credit: Facebook)

Anak lebih hapal lagu dewasa

Sekarang ini yang kuperhatikan dilingkungan rumahku, anak-anaknya suka menyanyikan lagu-lagu dewasa bertemakan cinta dan cinta. Anak-anak yang masih usia SD sudah hapal lagu SM*SH padahal mereka gak ngerti apa itu maksud dari kata-kata cinta cenat-cenut. Mereka dengan mudahnya menyanyikan lirik demi lirik, kata demi kata dari setiap bait lagu dewasa dari awal sampai habis. Apa yang salah?

Aku akan bicara ditahun 90-an aja karena dimasa ini masa yang kusebut masa kecilku. Aku masih ingat di era 90-an lagu-lagu anak itu sangat populer dan sangat banyak penyanyinya, bahkan beberapa dari mereka sampai menjadi penyanyi remaja dan dewasa. Kita sebut saja Agnes Monica dan Bondan Prakoso. Di era 90-an hampir semua anak-anak diusiaku saat itu kalau nyanyi ya nyanyi nya itu lagu anak bukan lagu dewasa. Sangat berbeda dengan anak jaman sekarang. Ada beberapa nama yang masih kuingat sebagai pencipta lagu-lagu anak diantaranya Pak Kasur, Ibu Sud, Papa T-Bob, dan Kak Seto. Adakah pengganti nama-nama besar itu sebagai pencipta lagu-lagu anak sekarang? Atau masih adakah lagu-lagu anak jaman dulu itu beredar saat ini?