Hasil Kontes Robot Indonesia 2012 Region I Sumatera

Berkreasi dan menyalurkan bakat bisa dilakukan dalam hal apa saja, salah satunya kau bisa mengembangkan kemampuan yang kau miliki untuk membawa nama baik kampusmu.

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2012 Region I Sumatera berlangsung di STMIK Potensi Utama, Medan yang tak lain adalah kampus tempat aku menghabiskan waktu dan menimba ilmu. Untuk pertama kalinya STMIK Potensi Utama menjadi tuan rumah KRI Regional I Sumatera karena masing-masing daerah di Sumatera mendapat jatah setiap tahunnya. Dan tahun ini Medan lah yang mendapat giliran menjadi tuan rumah.

Kontes Robot Indonesia 2012

Tahun 2012 Indonesia kembali akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon 2012 yang akan berlangsung di Hong Kong, China, pada tanggal 19 Agustus tahun 2012, di mana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri. Lomba tersebut merupakan lomba yang kesebelas yang akan diselenggarakan di Hong Kong dengan peserta dari negara-negara anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran di kawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus stasiun televisi dan radio dari lima puluh negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia sebagai anggota.

Tim yang mewakili Indonesia akan dipilih melalui seleksi dalam Kontes Robot Indonesia 2012 (KRI-2012) yang akan diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Regional pada 5 (lima) wilayah yaitu Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. Pemenang dari kelima Kontes Regional akan diikutsertakan dalam Kontes Nasional KRI-2012 yang akan berlangsung pada tanggal 16-17 Juni 2012 di kota Bandung. Dua puluh empat tim dari perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi regional dapat berpartisipasi dalam kegiatan Nasional KRI-2012.

Ketentuan pertandingan KRI-2012 mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2012, di mana setiap tim terdiri dari 3(tiga) orang mahasiswa dan 1(satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan.

Kegiatan tersebut pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, bekerjasama dengan institusi yang ditunjuk untuk pelaksanaan kontes regional, dan khusus untuk Kontes Nasional KRI-2012 bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk untuk pelaksanaan Kontes Nasional. Tujuan dari kontes robot ini adalah untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan minat para mahasiswa dalam teknologi maju, khususnya teknologi robotika yang sangat dibutuhkan bagi industri.

kontes robot

Robot Berkaki

Hasil Kontes Robot Indonesia 2012 Region I Sumatera

Tahun 2012 ini Kontes Robot Indonesia (KRI) 2012 Regional Sumatera berlangsung di Kota Medan tepatnya di STMIK Potensi Utama, Medan. Dalam KRI 2012 region Sumatera ini terdapat 2 jenis lomba yang diadakan yaitu  Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dimana dalam KRI sendiri terdapat 3 kategoriKontes Blog, Trend Dunia Blog?. Read more ... » lomba yaitu Devisi Beroda, Devisi Berkaki dan Devisi Humanoid.

Penyelenggaraan yang berlangsung dari tanggal 4-6 Mei 2012 telah berakhir dan menghasilkan beberapa nama juara, diantaranya :

Devisi KRI

Juara 1 : Politeknik Negeri Batam ( BARELANG 5.2 )

Juara 2 : Politeknik Bangka Belitung ( NGANG GONG )

Juara 3 : STMIK Teknokrat Lampung ( Krakatau 4 )

Juara Harapan : STMIK Potensi Utama ( PU_CANG )

Robot Design Terbaik : Politeknik Negeri Batam (BARELANG 5.2 )

Robot Dengan Strategi Terbaik : Politeknik Bangka Belitung ( NGANG GONG )

Pemenang Kontes Robot Indonesia Regional I Sumatera 2012 Devisi KRCI Beroda

Juara 1 : STMIK Teknokrat Lampung ( Krakatau 1 )

Juara 2 : STMIK Potensi Utama ( Al-Waajid )

Juara 3 : STIKOM Dinamika Bangsa ( NO 9 )

Juara Harapan : Politeknik Negeri Padang ( Datuak Maringgih V.2.0 )

Pemenang Kontes Robot Indonesia Regional I Sumatera 2012 Devisi KRCI Berkaki

Tidak ada Pemenang dikarenakan tidak ada robot yang dapat memadamkan lilin.

Pemenang Kontes Robot Indonesia Regional I Sumatera 2012 Devisi KRCI Humanoid Soccer

Juara 1 : Politeknik Negeri Batam ( Barelang 4.2 )

Juara 2 : Politeknik Negeri Padang ( Si Midun SPII )

Juara 3 : STMIK Teknokrat Lampung ( Krakatau 3 )

Juara Harapan : STMIK Potensi Utama (Legion P- U)

Robot Design Terbaik : STMIK Potensi Utama ( Al – Waajid )

Robot Dengan Inovasi Terbaik : Politeknik Negeri Batam ( BArelang 2.2)

Selamat kepada para pemenang, semoga dapat terus mengembangkan robot-robot yang sudah ada agar lebih baik lagi ke depannya.

Reverensi lain :

website Kontes Robot Indonesia Regioanal I Sumatera

Pesat News

Dikti.go.id

Pelita Online

Republika Online