Manfaatkan Ruang Publik Yang Sudah Ada

Pemerintah wajib menyediakan ruang publik untuk masyarakatnya dan masyarakat wajib ikut serta dalam memeliharanya.

Sering kita mendengar keluhan-keluhan masyarakat akan tersedianya ruang publik yang disediakan pemerintah. Keluhan dan tuntutan yang sepertinya memang wajar disuarakan oleh masyarakat untuk dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bersama. Sudahkah pemerintah menyediakan semua itu?

Sejatinya, pemerintah tidak tutup kuping akan pemenuhan tuntutan masyaraktnya. Pemerintah tau apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, apa yang wajib disediakan dan apa yang wajib diberikan. Kesampingkan dulu pemikiran-pemikiran negatif kita terhadap pemerintah, aku disini juga tidak membela masyarakat dan tidak membela pemerintah. Kalau kawan-kawan yang membaca tulisan ini dengan pemikiran negatif terhadap pemerintah, lebih baik jangan dibaca tulisan ini.

Masyarakat kita termasuk aku sendiri banyak menuntut kepada pemerintah terutama pemerintah daerah untuk menyediakan berbagai fasilitasHaruskah Aksi Demo Dengan Kekerasan?. Read more ... ยป umum yang bisa digunakan oleh siapapun tanpa ada pengkotak-kotakkan si A atau si B. Aku ingin ada trotoar yang memang khusus untuk pejalan kaki yang bersih dari pengguna kendaraan dan pedagang. Aku juga ingin ada lapangan yang bisa digunakan untuk main bola bagi anak-anak karena khususnya di Kota Medan ini udah susah nyari lapangan.

Terlepas dari itu semua, setidaknya masih banyak fasilitas umum terutama ruang publik yang sudah disediakan dan bisa kita gunakan. Permasalahannya adalah apakah kita mau menggunakan fasilitas gratisan dari pemerintah itu? Ya, masih banyak orang-orang yang tidak ingin memanfaatkan ruang publik dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan sangat bodoh yaitu malas atau gengsi!!

Ditulisan ini aku mencoba mengambil benang merah antara pemerintah dan masyarakat dalam penyediaan dan pemanfaatan ruang publik.

ruang publik

Manfaatkan ruang publik

Ruang publik milik siapa dan untuk siapa?

Tak perlu ragu, ruang publik yang sudah disediakan itu milik kita dan untuk kita kok. Mengahabiskan banyak uang untuk menyediakan ruang publik itu dan itu uang kita. Gak peduli berapa uang aku digunakan untuk itu dan berapa uang kau untuk membuat itu sampai jadi (kesampingkan KKN). Jadi, jangan merasa kau bayar pajak lebih besar terus hak kau lebih besar juga.

Apa kewajiban pemerintah dan masyarakat untuk urusan ruang publik?

Pertanyaan (sub judul) di atas sebenarnya sangat sederhana dan punya kaitan yang sangat erat. Menurut pendapatku *digaris bawahi ya* sebenarnya pemerintah gak akan segan menyediakan ruang publik atau fasilitas publik selama itu semua gak sia-sia. Maksudnya begini, kalau fasilitas yang disediakan itu dapat kita manfaatkan dengan baik, alangkah senangnya pemerintah telah menyediakan itu karena sangat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakatnya. Jangan sampai pemerintah udah menyediakan tapi masyarakatnya gak mau menggunakan, itu sama aja mubazir masbro. Berapa uang kita udah habis untuk membuat fasilitas itu.

Intinya, manfaatkan lah dengan baik fasilitas yang udah disediakan pemerintah untuk masyarakatnya. Dan yang paling penting kita sama-sama menjaganya biar usia pakainya makin panjang.

Sekali lagi, kesampingkan dulu pemikiran negatif kita terhadap pemerintah. Apakah kita udah betul-betul memanfaatkan yang pemerintah beri? Sudah kita pakai kah ruang publik yang ada saat ini?