Pentingkah Etika SEO?

Perhatikan etikaGunakan Etika Berbicara Di Depan Umum. Read more ... » SEO untuk membantu mereka yang mencari informasi. Temukan apa yang kamu cari jangan sampai kesasar.

Bicara soal blogFoto Bugil Yang Paling Banyak Dicari. Read more ... », tidak lepas dari yang namanya SEO (Search Engine Optimisation). Para bloggerFoto Bugil Yang Paling Banyak Dicari. Read more ... » pasti ingin artikel yang ditulisnya bisa terjaring oleh mesin pencari atau search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Berbagai cara dilakukan untuk bisa menembus mesin pencari, tentunya dengan menerapkan beberapa teknik SEO agar artikel bisa menembus di mesin pencari lebih-lebih bisa berada di halaman satu (page one) mesin pencari.

Ada banyak teknik SEO yang biasa diterpakan oleh teman-teman blogger, aku gak perlu membahas satu persatu teknik SEO yang ada karena setiap blogger punya caranya masing-masing. Tapi kemungkinan besar teknik SEO yang digunakan itu-itu juga. Ditulisan kali ini aku cuma mau membahas sedikit tentang ‘Perlukah Etika SEO’ dan apakah etika SEO itu penting?

Mungkin kata ‘etika SEO’ jarang terdengar ya di kuping kita. Aku juga kepikiran akan etika SEO ini ya pas mau nulis artikel ini. Bermula karena teringat dengan salah satu postinganku yang berjudul ‘Foto BugilFoto Bugil Yang Paling Banyak Dicari. Read more ... » Yang Banyak Dicari’ hingga terciptalah ide untuk mengangkat Etika SEO kepermukaan. Kalau penasaran dengan artikel ‘Foto Bugil Yang Banyak Dicari’ silahkan dibaca dan cari benang merahnya dengan artikel ‘Etika SEO’ ini.

Persaingan bisa terjadi dimana saja, termasuk persaingan antar blogger

Apa itu Etika SEO

Etika itu perbuatan atau tindakan yang tidak menyakiti orang lain atau bisa dikatakan menghargai orang lain. Lantas seperti apa itu Etika SEO ? Dimana pun yang namanya etika itu sama, baik itu etika dikehidupan nyata seperti etika di jalan, atau etika merokok, atau etika yang lainnya. Sama halnya dengan dunia internetFoto Bugil Yang Paling Banyak Dicari. Read more ... ». Di internet juga ada etika seperti etika di sosial media, atau etika berbagi informasi yang gambaran kecilnya sudah dibahas oleh bang, Nicholas disini.

Etika SEO. Bisa dibilang yang namanya (kebanyakan) blogger menginginkan artikelnya ter-index oleh mesin pencari dengan berbagai cara yang diterapkan. Namun banyak dari kita (blogger) yang melakukan SEO secara ekstreme dengan menyisipkan kata kunci (keyword) yang kurang/tidak relevan dengan apa yang dipostingkan. Akhirnya banyak para pencari artikel yang kesasar atau bisa dibilang tertipu oleh kata kunci yang diketik di mesin pencari. Salah satu contoh yang sudah aku tulis di artikel ‘Foto Bugil Yang Banyak Dicari’*kalau sudah dibaca pasti tau*.

Di artikel ‘Foto Bugil Yang Banyak Dicari’ cuma contoh kecil dari penyalahgunaan teknik SEO yang diterapkan. Kalau mau dicari lagi mungkin banyak kata kunci yang tidak relevan dengan hasil pencarian. Silahkan cari sendiri.

Lantas apakah penyalahgunaan teknik SEO itu menyakiti orang lain atau tidak menghargai orang lain? Bisa dibilang begitu.

Untungnya ber-Etika SEO

Blogger juga butuh makan. Yap, banyak blogger yang meraih penghasilan dari blognya. Mungkin kamu, kamu, dan kamu salah satunya. Kita pisahkan dulu antara blog personal dengan blog yang memang dijadikan mesin penghasilan. Sudah tau kan bedanya? Kita lanjut pembahasan etika SEO nya.

Menurut aku, alangkah baiknya kalau apa yang ditargetkan ke mesin pencari adalah apa yang benar-benar dicari oleh orang yang memang membutuhkan. Ya biar para pencari informasi betul-betul mendapatkan apa yang mereka cari. Kalau kita (blogger) memposisikan diri sebagai pencari informasi dan kita kesasar ke tempat yang salah, kita pasti dongkol kan. Waktu kita terbuang, quota internet termakan percuma, dan banyak lagi.

Sebaliknya kalau para pencari informasi menemukan apa yang memang mereka cari secara cepat, bukan tidak mungkin mereka dengan sukarela akan membagikan apa yang mereka temukan ke teman-temannya. Poin tambahnya adalah blog kita akan dicap sebagai blog yang benar-benar relevan memberikan informasi. Nama baik pun didapat kalau sudah begini.

Nah, bagaimana? Pentingkah Etika SEO bagi kamu?