Tips Menghindari Modus Penipuan Yang Semakin Beragam

Modus penipuan adalah serangkaian dari kepintaran pelakunya. Ilmu bisa menjadi malaikat kalau digunakan untuk kebaikan dan justru akan menjadi setan kalau digunakan untuk kejahatan.

Belakangan semakin marak kasus-kasus penipuan yang beredar diranah digital dengan berbagai modus dan teknik yang digunakan oleh para pelakunya. Dari yang berhadiah kecil sampai berhadiah yang menggiurkan. Tak sedikit orang yang menjadi korban penipuan ini. Kita masih ingat beberapa waktu (tahun) yang lalu bahkan sampai saat ini dengan sms “Mama minta pulsa”, ada lagi dengan modus minta transfer uang yang ditujukan ke rekening tertentu. Kalau kita perhatikan, sebenarnya model penipuan ini sama antara satu dengan yang lain, yaitu mengirim sms tanpa mencantumkan nama.

Ada lagi kasus yang sampai sekarang masih aja dipake padahal udah jadul kali teknik penipuan kayak gini, semua pasti tau dengan modus penipuan sms yang berisi “Selamat nomor anda terpilih sebagai pemenang berhadiah bla bla bla”. Lagi-lagi sebenarnya modus penipuan kayak gini sama semua. Masa ada operator selular memberi tau kalau kita sebagai pemenang tapi memberitaukannya dengan cara sms yang nomor si pengirimnya adalah nomor pribadi.

modus penipuan

Penipuan Lewat SMS

Bahkan sekarang para pelaku penipuan digital sudah pintar memanfaatkan blog untuk menjerat para calon korbannya. Dengan memanfaatkan domain dan hosting gratis yang sekarang ini sudah sangat banyak beredar. Bahkan layanan hosting dari Indonesia pun sudah banyak yang memberi layanan gratis. Dengan membuat nama domain atau subdomain yang mirip dengan nama perusahaan yang akan dijadikan modus, para pelaku penipuan digital pun rela membangun sebuah web demi mengelabui calon korbannya.

modus penipuan

Modus Penipuan Lewat SMS

Harusnya layanan-layanan domain dan hosting (baik berbayar maupun gratis) harus tegas kalau ada client nya yang menggunakan jasa mereka memanfaatkan layanan untuk tindak kejahatan. Lebih-lebih lagi untuk perusahaan harus siap melayani setiap masyarakat yang menerima sms beriming-iming hadiah.

Terlebih lagi pihak operator selular yang paling sering dijadikan modus penipuan harus tegas, lacak nomor pelaku dan tindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku. Penipuan digital ini tak ubahnya kayak layanan private number yang merupakan fasilitas kejahatan dari operator selular.

Sedikit tips menghindari modus penipuan

1. Jangan langsung percaya dengan sms yang sumbernya gak jelas. Segera hubungi pihak terkait untuk klarifikasi.

2. Cek dan ricek ittu perlu sebelum mengambil tindakan.

3. Apabila menerima telepon dari nomor yang tidak tercantum dalam daftar kontak, jangan pernah sebutkan nama kita sebelum mereka yang menyebutkan nama kita. (Ini kasus yang pernah dialami orang tuaku sendiri, untung aku agak sigap merespon dan langsung merebut pembicaraan orang tuaku dengan pelaku penipuan).

4. Kalau menemukan telepon yang salah sambung dan menanyakan nama kamu, kasi aja nama palsu. Karena modus telepon salah sambung biasanya dijadikan cara awal untuk mengetahui identitas calon korban sebelum besok-besok akan ditelepon kembali.

5. Jangan malas melaporkan indikasi penipuan ke pihak yang terkait. Sekarang semua brand udah punya akun twitter, laporkan ke twitter aja.

6. Waspadalah, jangan sampai terkecoh dengan bujuk rayu dari pembicaraan telepon.

Semoga kita semua gak ada yang menjadi korban penipuan dan semoga masyarakat pun makin pintar “mengendus” modus-modus penipuan.