Serunya Arung Jeram di Sungai Bingei

Bermain arung jeram tidak akan membahayakan selama mengikuti prosedur yang ada dan mau bekerja sama dengan teman yang berada satu perahu dengan kamu.

Sabtu (12/10/13) adalah hari yang akan sulit dilupakan dimana Aku untuk pertama kalinya dalam hidup melakukan olahraga yang belum pernah aku lakukan sebelumnya. Arung jeram atau rafting itulah yang aku lakukan pada hari Sabtu itu. Ber-arung jeram untuk pertama kalinya memang memberikan sensasi yang luar biasa hebat. Ya Aku memang sedikit menyukai jenis olahraga ekstrem. Tapi untuk arung jeram baru ini kali pertama. Sebelumnya sudah pernah melakukan perjalanan ekstreme ke Bukit Kapur Tinggi RajaBukit Kapur Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara. Read more ... ยป, baca disini.

Arung jeram sei bingei

Foto dulu sebelum arung jeram. Foto by Vito

Punya niatan untuk melakukan rafting sejak lama, tapi gak tau spot arung jeram yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Baru tau kalau di Medan ada penyedia jasa olahraga alam yang salah satu menunya adalah arung jeram setelah aku bergabung di sebuah perusahaan Digital Media Agency di Medan. Dan salah satu client nya ya penyedia jasa rafting ini.

Jadi kemarin kami selaku agency mengajak teman-teman dari Medan Buzzer unttuk ikutan main dan merasakan langsung serunya arung jeram di Sei Binge. Mereka sangat interest karena sudah lama tidak refreshing mata dari hanya sekedar menatap layar PC.

Arung jeram Sei Bingei

Selamat datang di camp Rapid Plus Indonesia

Arung Jeram di Sungai Bingei SUMUT

Arung jeram kali ini dilakukan di Sungai Bingei atau biasa disebut Sei Binge, di daerah Desa Durian Lingga, Kec.Namo Ukur (perjalanan 1 jam dari kota Medan). Spot arung jeram disini memiliki grade 2-3 atau 2+ yang memang bisa dilakukan oleh pemula. Aku kan masih pemula ๐Ÿ™‚

Sesampainya di camp Rapid Plus kami sudah disambut dengan welcome drink yang hangat, dilanjutkan bersiap diri dengan berganti pakaian dan memakai perlengkapan yang sudah disediakan (helm, pelampung, dan dayung).

Di spot Sei Binge ini memiliki jeram yang cukup banyak dengan berbagai rintangan. Ada jeram yang kecil sampai ada yang benar-benar ekstreme. Dan di akhir perjalanan perahu, kami disuguhkan dengan meluncur di bendungan setinggi 8 meter dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Kurang lebih 2 jam permainan arung jeram yang sangat seru semakin sempurna dengan titik finish dengan meluncur di bendungan itu. Jangan lupa ucapkan kata โ€œBooommโ€ saat meluncur. Bahkan temanku sampai terpental keluar dari perahu. Sebut saja namanya Vito, owner Punya Medan.

Arung jeram sei bingei

Bendungan setinggi 8 meter dengan kemiringan 45 derajat. (source: pirantipersada.co.id)

Untungnya instruktur dari Rapid Plus Indonesia yang mendampingi di perahu kami sangat menekankan kekompakan yang ada di tim kami. Semua rintangan dapat dilewati dengan baik, walau harus dengan bersusah payah.

Selesai rafting lalu kembali ke camp dan sudah disambut dengan hidangan makan siang yang lezat dan bergizi, dan juga hangat tentunya. Pelayanan yang betul-betul memuaskan.

Arung jeram melatih kerja sama

Satu hal penting yang berhasil kutangkap dari bermain arung jeram adalah pelajaran membangun kerja sama tim. Lebih baik 1 perahu yang hanya 4 orang dengan kerja sama tim yang bagus dari pada 1 perahu dengan 6-8ย  orang tapi kerja sama timnya tidak terbangun. Dari pengalaman arung jeram kemarin aku memetik satu hal.

Kuantitas belum tentu menghasilkan kualitas

Sekecil apapun jumlah tim yang kita miliki belum tentu hasilnya lebih buruk dari sebuah tim dengan jumlah masa yang banyak.

Terima kasih Rapid Plus Indonesia sudah mengajak aku untuk merasakan serunya dan merasakan pelajaran berharga dalam sebuah permainan bernama arung jeram.