Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan merupakan salah satu cara untuk memikirkan hari tua sejak dini untuk kehidupan dihari tua kita.

Sore itu aku ikutan di acara sharing mengenai mengelola keuangan, lebih tepatnya mengontrol keuangan. Oiya, sebenarnya aku sudah tau akan diadakannya acara ini sejak 2 bulan yang lalu. Karena pihak agency nya mengajakku dan teman-teman dari BloggerSUMUT untuk ikutan diacara ini. Balik ke topik soal mengontrol keuangan. Sebagai anak muda yang lumayan boros, dan ditambah lagi dengan kenaikan BBM, aku merasa aku perlu untuk datang menghadiri undangan acara ini. Apalagi sudah lama tidak ketemu teman-teman BloggerMedia Launch Peluncuran Logo Biskuit Roma. Read more ... » yang lain. Hitung-hitung reunian lah.

Oke, jadi ceritanya gini. Hari itu, aku dan teman-teman Blogger mendapat pengetahuan mengenai mengelola keuangan. Acara yang dikemas santai dan banyak makanannya ini memang menarik untuk disimak. Apalagi yang menjadi pembicaranya cantik pula. Aku mendapat ilmu tentang 3 I ( Insyaf, Irit, dan Invest). Aku akan coba jabarkan satu per satu.

I yang pertama Insyaf

investasiKita harus ingat sama masa tua kita nanti. Disaat kita sudah tidak bekerja alias pensiun, kita juga punya kebutuhan, sedangkan kita sudah tidak berpenghasilan. Maka dari itu, ingatlah hari tua kita sejak sekarang ini. Kalau dipikir-pikir, hari tua kita nanti juga banyak kebutuhan loh. Kira-kira perhitungannya seperti ini.

I yang kedua Irit

Terkadang gaya hidup saat ini kalau diikuti gak akan ada habisnya, yang habis cuma duit. Tren ini, tren itu, dan ujungnya nyiapkan budget untuk beli ini, beli itu. Ternyata irit itu sederhana, dimulai dari hal yang kecil. Biasalah kalau blogger itu kebanyakan hobinya ngopi (tidak semua blogger). Ngopi di cafe harganya bisa sampai 20 ribu, belum lagi cemilan dan bensin ke cafe. Coba kalau ngopi di rumah beli yang sachet-an, harganya jauh lebih murah. Gak seru ah masa ngopi sendiri di rumah? Ya ajak dong teman-teman nya ngopi di rumah.

investasi

I yang ketiga Invest

investasi

Investasi, banyak caranya untuk berinfestasi. Di acara sharing ini hal yang pertama aku dapatkan mengenai investasi adalah “tentukan dulu tujuan investasi kita, bukan perusahaan investasinya yang duluan dicari”. Karena beda tujuan, beda rencana. Salah satu cara berinvestasi adalah dengan melakukan investasi reksadana. Karena Reksa Dana bisa dimulai dengan dana yang kecil, cuma 100 ribu.