IIMS 2015 dan GIIAS 2015 Ramai Yang Mana?

Cerita di balik IIMS 2015 vs GIIAS 2015. Menciptakan sesuatu yang menarik dan mampu menyita perhatian banyak orang bukanlah perkara mudah semudah membalikkan telapak tangan.

Jadi, ceritanya waktu itu (24-26 Agustus 2015) aku berkesempatan untuk datang dan melihat langsung pergelaran 2 eventEvent: Nimbrung di Sosial Media & Creativity Festival. Read more ... » otomotif terbesar di Indonesia yang juga merupakan event otomotif skala Internasional. Ialah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Entah karena alasan apa, 2 event dunia ini diselenggarakan secara serentak di tanggal, bulan dan tahun yang sama, yaitu 20-30 Agustus 2015. Perbedannya hanya lokasi penyelenggaraan yang dibuat sedikit berjauhan. Kalau IIMS 2015 dilaksanakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, sedangkan GIIAS 2015 dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang.

Jadilah Aku berangkat dari Medan tepat tanggal 24 Agustus 2015 menuju Jakarta untuk menyaksikan 2 event besar ini. Memang, gak mungkin menyambangi 2 lokasi sekaligus dalam hari yang sama. Terpaksalah berkunjung di hari yang berbeda. Tanggal 24 Agustus 2015, setibanya di Jakarta, Aku langsung menuju JIExpo untuk melihat seperti apa IIMS 2015, lalu menyusul besoknya di tanggal 25 Agustus 2015 baru berkunjung ke GIIAS 2015. Ada yang menarik dari ke-dua event ini, dan masing-masing memiliki ciri tersendiri. Kita mulai dari mana ya bahasnya? Ah, ikuti alurnya aja lah ya.

Tunggu, beberapa bulan sebelum pelaksanaan 2 event besar ini, aku sempat berpikir dan memprediksi kedua event ini dari sisi lokasi penyelenggaraannya. Ternyata prediksi aku dan kenyataannya berbanding terbalik (ini bicara lokasi). Di balik semua itu pasti ada sesuatu yang membuat prediksi Aku menjadi terbalik *ngeles*

GIIAS 2015

Abaikan foto ini

Cerita di IIMS 2015

Untuk lokasi pelaksanaan, IIMS 2015 selalu mengambil di JIExpo yang notabene letaknya di Kota Jakarta. Tentu dengan lokasi di Jakarta, pelaksanaan IIMS 2015 akan padat pengunjung dari hari ke hari. Nyatanya, pada saat Aku berada di lokasi IIMS 2015 yang aku rasakan gak se-rame yang diharapkna. Ini kali ke-dua Aku melihat IIMS setelah sebelumnya Aku juga melihat IIMS di tahun 2014. Yang aku rasakan pengunjung IIMS di tahun 2014 terasa lebih rame dan padat. Entah kenapa tahun 2015 ini aku gak merasakan suasana itu.

Uniknya dari IIMS 2015 adalah hadirnya mobil-mobil dan motor-motor unik, klasik, dan kendaraan yang memiliki sejarah atau cerita di massa nya seperti mobil di filmNonton Fast & Furious 7 Bersama Venom Audio. Read more ... » Fast n Furious dan Warkop DKI. Ini yang sedikit berbeda dari pelaksanaan di tahun 2014 yang lebih dominan diisi oleh ATPM dengan kendaraan baru.

Di tahun 2015 ini, kabarnya ATPM tidak banyak yang ambil bagian di IIMS. Setela aku melihat langsung, ternyata benar berita itu. Booth-booth pameran banyak diisi oleh mobil-mobil pasaran dan itupun diisi oleh gabungan beberapa merek di dalam satu booth. Seperti showroom yang menjual berbagai merek mobil dalam satu atap.

Cerita di GIIAS 2015

Berbeda dengan IIMS 2015, lokasi penyelenggaraan GIIAS 2015 justru mengambil area di Tangerang. Dari sisi lokasi, lokasi penyelenggaraan di Tangerang tentu gak serame di Jakarta. Setelah melihat langsung, ternyata pelaksanaan GIIAS 2015 jauh lebih rame daripada IIMS 2015. Kalau kita bicara hari kunjungan Aku ke dua lokasi ini, tentu aku sama-sama pergi di hari kerja. Tapi perbedaan jumlah pengunjung cukup terasa dari kedua event ini.

Penghuni lama IIMS ternyata banyak pindah ke GIIAS. Kalau pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya IIMS banyak diisi ATPM dari berbagai merek mulai dari mobil-mobil biasa sampai mobil-mobil mewah, tahun ini kayaknya penghuni-penghuni itu pindah ke GIIAS 2015. Mulai dari Mini Cooper, Ferrari, Jaguar, dan beberapa mobil sport lainnya, ikut mengisi booth-booth yang ada di GIIAS 2015.

Kalau di IIMS 2015 banyak menampilkan kendaraan unik dan klasik, di GIIAS 2015 justru kebalikannya. Panitia kayaknya gak menyediakan itu, semua serba terbaru.

Satu-satunya hal yang sama antara IIMS 2015 dan GIIAS 2015 adalah MAKANAN SERBA MAHAL. Oke, sekian ulasannya. Kalau ulasannya salah, mohon maaf karena kunjungannya singkat *ngeles lagi*.

Selamat untuk tim-tim kreatif IIMS 2015 vs GIIAS 2015 yang sudah memberikan sesuatu di event masing-masing.